Car Free Day

CAR FREE DAY di Jakarta tidak hanya digunakan untuk momen orang berolahraga. Eskalasi warga yang tumpah ruah di jalan, sering kali juga digunakan pedagang untuk menjajakan produknya, sampai para relawan untuk mengkampanyekan isu sosia yang menjadi perhatiannya. Momen itu pula lah yang dimanfaatkan tim Sekolah Petualang untuk mensosialisasikan gagasan yang kami realisasikan.

Berjalan mulai dari Sarinah Thamrin dan bermuara di Bundaran HI, tim Sekolah Petualang memakai atribut “I support Sekolah Petualang”, mengajak warga yang sedang memanfaatkan momen kosongnya jalanan di minggu pagi itu untuk ikut mendukung apa yang sedang kami lakukan. Kegiatan simbolis dilakukan melalui foto menggunakan instaframe Sekolah Petualang. Warga antusias dengan kegiatan itu mulai dari anak-anak, remaja, sampai ibu-ibu.

Disela-sela kegiatan sosialiasi, kami juga sempat mewawancari orang-orang dengan berbagai profesi yang kami temui di sepanjang jalan, diantaranya adalah polwan, satlantas, pemadam kebakaran, PMI sampai pedagang minuman. Kami membuat video dokumentasi tentang apa yang mereka lakukan terkait profesi meraka untuk diperlihatkan ke anak-anak peserta Sekolah Petualang nanti.

Selain tujuan utama kegiatan Car Free Day Sekolah Petualang yang mana ditujukan untuk sosialisai dan publikasi, kegiatan tersebut juga sebagai ajang mencari dana untuk membantu penyelenggaraan Sekolah Petualang. Kami menjual merchandise Sekolah Petualang dan minuman kepada warga yang sedang berolahraga. Program ini recananya akan dilakukan lebih intens mengingat Car Free Day adalah arena dimana orang-orang banyak berkumpul sehingga akan lebih mudah bagi kami untuk mensosialisasikan kegiatan Sekolah Petualang secara masif.

filoadmin

Leave a Comment