“Karena setiap perjalanan tidak hanya meninggalkan jejak, tetapi juga perubahan.”

Pembukaan Program Sekolah Petualang Batch 1 di Griya Kulo Jagakarsa

Pembukaan Program Sekolah Petualang Batch 1 di Griya Kulo Jagakarsa

Mungkin, kalimat itulah yang selalu mengiringi Sekolah Petualang pada 12—14 Februari lalu. Berawal dari keinginan sederhana, yaitu membawa anak-anak dari daerah terpencil agar mendapatkan kesempatan belajar di luar zona nyamannya, akhirnya program Sekolah Petualang Batch 1 pun berhasil kami wujudkan.

Sebagaimana sebuah petualangan yang menyiratkan suatu perjalanan di luar kebiasaan, program Sekolah Petualang mewadahi anak-anak dari daerah Garut, Pandeglang, dan Bawean agar lebih cakap bersosialisasi dengan dunia luar.
Kamis, 11 Februari lalu merupakan awal sebuah perjalanan, bagi kami, juga bagi peserta. Mendatangkan anak-anak sekolah dasar ke Jakarta memang bukanlah hal yang mudah. Namun, tekad dan tujuan kami sudah bulat.

Setibanya 12 anak dari Pandeglang, 11 anak dari Garut, dan 1 anak dari Bawean, program Sekolah Petualang pun dibuka dengan seremoni sederhana di Griya Kulo Jagakarsa. Pembukaan acara dipandu oleh Kak Abex, juga hiburan dari Tari Tradisional Svadara dan Tacet, lalu dilanjutkan dengan acara ramah-tamah dengan para peserta, 8 guide, dan 11 hostfam yang akan menjadi keluarga sementara selama kurang lebih tiga hari tiga malam. Setelah pembukaan acara selesai, anak-anak Sekolah Petualang kemudian dibawa ke rumah hostfam masing-masing untuk beristirahat.

Keesokan paginya, para peserta Sekolah Petualang mengikuti rangkaian Jelajah Satwa di Kebun Binatang Ragunan dan belajar membuat kerajinan tangan—membuat gambar dari origami—bersama para guide di Children Zoo. Tak sampai di situ, kami membawa para peserta ke Kidzania. Harapannya, anak-anak dapat mengenal lebih dekat dengan berbagai jenis profesi kelak. Dalam Jelajah Profesi kali itu, para peserta begitu antusias mengikuti rangkaian acara sejak pukul 15.00—18.00 WIB.

Hari 1: Jelajah Satwa di Kebun Binatang Ragunan

Hari 1: Jelajah Satwa di Kebun Binatang Ragunan

Hari 1: Jelajah Profesi di Kidzania, Jakarta

Hari 1: Jelajah Profesi di Kidzania, Jakarta

Minggu, 14 Februari, anak-anak melanjutkan petualangan serunya ke TMII: menjelajah miniatur rumah adat, pulau-pulau di Indonesia, juga memperkaya pengetahuan sains mereka lewat praktik-praktik sederhana. Setelah itu, ada penampilan dari Depok Magician, Geppuk, dan komunitas menggambar yang turut meramaikan penutupan program Sekolah Petualang.

Hari 2: Jelajah Ilmu Pengetahuan dan Sains di TMII, Jakarta

Hari 2: Jelajah Ilmu Pengetahuan dan Sains di TMII, Jakarta

Untuk kepulangan, anak-anak Sekolah Petualang diantar oleh panitia menggunakan transportasi darat pada Senin pagi (15/2/2016). Namun, anak-anak dari Pandeglang berkesempatan untuk on air di Trax FM terlebih dahulu sebelum mereka pulang ke rumah. Sedangkan, untuk peserta dari Bawean baru pulang tanggal 16 Februari bersama walinya.
Tak lupa, kami segenap panitia berterima kasih kepada para sponsor, media partner, juga para donator/cetar yang telah bersedia mendukung Sekolah Petualang Batch 1. Apa yang kami lakukan mungkin tidak akan mengubah pendidikan di Indonesia, tetapi kami berharap kegiatan ini bisa membuka jalan untuk anak-anak di daerah terpencil agar berani bermimpi dan dapat meraih cita cita mereka.

Hari 2: Penutupan Program Sekolah Petualang Batch 1, TMII

Hari 2: Penutupan Program Sekolah Petualang Batch 1, TMII

Salam petualang!

filoadmin

Leave a Comment